Jelajah
IMG-LOGO

Sejarah Desa

Create By 30 April 2014 45 Views

 

Pada jaman penjajahan Belanda datanglah seorang pengembara dari Yogyakarta Hadiningrat bernama Kyai Suryantoko, dalam pengembaraannya beliau memilih untuk menetap di sebuah bukit yang sunyi dan dihuni hanya beberapa orang penduduk. Di sekitar itu terdapatlah sawah yang dialiri air dari pegunungan dan kebun yang ditumbuhi rempah-rempah, masyarakat hidup sangat sederhana karena kekejaman Belanda yang menguras habis hasil pertanian.

Melihat kondisi daerah tersebut yang berbukit-bukit dan berkelok-kelok maka Kyai Suryantoko memberi nama sebagai tanda untuk mengingat daerah ini dengan sebutan “GIRIREJO”, yang artinya “Giri=Gunung” dan “Rejo=Makmur” yang dapat diartikan dan diharapkan bahwa daerah tersebut dapat menjadi daerah pegunungan yang kehidupannya makmur.

Seiring berjalannya waktu dan perkembangan jaman maka datanglah penduduk dari berbagai desa dan menetap di wilayah Girirejo, karena penduduk semakin bertambah banyak maka diperlukan seorang pemimpin atau Kepala Desa di wilayah Girirejo.

Adapun sejarah Kepala Desa di Girirejo adalah sebagai berikut :

Kepala Desa I           : Wiryo Senjoyo

Kepala Desa II          : Wiryo Senjoyo

Kepala Desa III         : Kasbun

Kepala Desa IV        : Ali Mashuri

Kepala Desa V         : Sastro Dimejo

Kepala Desa VI        : Hadi Mukhamad

Kepala Desa VII       : Wiryo Wardoyo

Kepala Desa VIII      : Asropi

Kepala Desa IX        : Asropi

Kepala Desa X         : Asror

Kepala Desa XI        : Asror